Jumat, 26 September 2008

ReStauRaNt bamBOO

Satu lagi sebuah tempat yang tersembunyi dari peradaban yang merupakan tempat yang penuh kreatifitas dari penggagasnya... Restaurant bamboo (named by author - because this is not an adv), terletak di tengah pulau Bali, tepatnya di Tabanan, di balik gunung batu karu, merupakan sebuah tempat peristirahatan yang hanya bisa dinikmati apabila kita sudah melakukan reservasi - tidak bisa asal maen aja trus makan di sana.
Rest area ini merupakan bagian sebuah paket tour dan biasanya para tourist tiba di sini untuk menikmati makan siangnya setelah setengah lelah berpetualang menggunakan kendaraan cruisenya.
Nah kebetulan waktu kesana, udah gak ada para tourist yang bersantap, so atas kebaikan sang penjaga, kita bisa menikmati suasana di sana deh.
Menuju kesana, melewati hutan dengan jalan tanah yang tidak rata. kalo mau ke sini jangan bawa sedan deh. Kalo musim hujan apa lagi... sampai di tempat perhentian kendaraan terasa agak lenggang karena sudah tidak terlalu liar lagi. dari tempat parkir ini kita berjalan kaki sedikit, dan memasuki kawasan bamboo. sebentar saja berjalan kita sudah menemukan sebongkah rangkaian potongan bamboo yang membentuk sebuah bangunan. Dinding, lantai dan atap terbuat dari bambu. Benar2 memanfaatkan apa yang ada di sekitarnya. sangat menyatu dengan alam.. walaupun bukan style deconstructive, tapi idenya cukup pantas untuk dipuji.. walau setiap orang punya kemungkinan untuk membuat yang seperti ini, tapi kenapa tidak banyak yang sudah membuatnya? so, ini bisa saya sebut kreatif...
kalo ada yang buat bangunan bamboo yang wah dan sangat extraordinary di atas tanah yang mahal karena berkembangnya pariwisata disana, maka ide itu sengaja dibuat agar tampak exclusive dan tampak desain didapat dari arsitek handal, tapi yang satu ini idenya berkembang karena memang daerah itu adalah daerah hutan bambu. tidak ada sesuatu yang direkayasa... ini merupakan kejujuran ruang dan waktu dalam arsitektur.

Tidak ada komentar: